Apresiasi Pelayanan Publik Polresta Bandar Lampung, Wamen PANRB Beri Nilai 90

Bandar Lampung – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PANRB), Purwadi Arianto, memberikan nilai 90 terhadap pelayanan publik yang dijalankan oleh Polresta Bandar Lampung.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung oleh Wamen PANRB usai meninjau ruang pelayanan publik di Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Mapolresta Bandar Lampung, pada Kamis (24/7/2025).

“Tempatnya bersih, tentunya nyaman. Area parkir memadai, fasilitas untuk kelompok rentan juga tersedia dan terlayani dengan baik. Semua lengkap di sini,” ujar Purwadi Arianto.

Penilaian tersebut diberikan setelah Wamen PANRB meninjau langsung sejumlah fasilitas dan alur pelayanan di SPKT, mulai dari ruang tunggu, ruang laktasi, ruang konsultasi pengaduan masyarakat, loket pembuatan SKCK, sidik jari, hingga pelayanan SIM. Ia juga mengapresiasi sistem antrean yang dinilai memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan.

Mantan Kapolda Lampung tahun 2018 ini menyatakan bahwa kunjungannya bertujuan untuk memastikan kualitas pelayanan publik yang diberikan jajaran Kepolisian benar-benar berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Saya melihat komitmen dari pimpinan, SDM yang terlatih, data yang terintegrasi, serta kolaborasi antarbidang yang saling melengkapi. Hal-hal ini akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan dari waktu ke waktu,” jelasnya.

Purwadi menambahkan, di era saat ini, ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan publik terus meningkat—termasuk terhadap instansi Kepolisian. Masyarakat menginginkan layanan yang cepat, responsif, transparan, dan mudah diakses, khususnya dalam pengurusan perizinan seperti SIM dan SKCK.

“Jika layanan publik diberikan secara optimal, maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap aparatur negara juga akan semakin meningkat. Inilah yang menjadi fondasi bagi tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” tambahnya.

Sebagai bentuk simbolis dari pelayanan langsung kepada masyarakat, dalam kesempatan tersebut Wamen PANRB turut menyerahkan dokumen SKCK dan SIM kepada beberapa warga yang sedang mengakses layanan di lokasi.

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!